Selasa, 19 Agustus 2008

Tips sebelum membeli handphone

Lebaran sebentar lagi, terima THR?mau bergaya dengan handphone baru?kalo iya anda perlu membaca pertimbangan-pertimbangan di bawah ini:

1. Budget

Berapakah budget yang anda miliki untuk membeli sebuah ponsel....? karena apabila anda hanya menduga - duga harga sebuah ponsel, bisa jadi harganya mengalami kenaikan drastis dan anda bisa tercengang dan batal untuk membeli ponsel …gak lucu kan…?sedangkan anda sudah susah – susah ke toko hp dari rumah dan berharap bisa membeli ponsel yang anda inginkan karena hanya mendapat informasi harga ponsel tersebut dari teman, kerabat atau sumber yang lain yang belum bisa dipercaya.

Saran saya : belilah sebuah majalah referensi harga ponsel yang up to date atau kunjungi situs – situs yang selalu memperbaharui harga ponsel dari hari ke hari, jam, menit atau bahkan detik. Bahkan ada keuntungan dari ini semua, anda bisa membandingkan fitur yang dimiliki oleh beberapa merek atau tipe ponsel dengan harga beli tidak jauh berbeda, jangan sampai anda membeli sebuah ponsel dengan harga mahal tapi minim akan fitur padahal ada ponsel merek lain dengan harga beli yang sama tapi memiliki segudang fitur.

2. Fitur

Hal ini sudah kita singgung di atas, tapi lebih lanjutnya fitur disini bagaimanakah cara anda memilih sebuah ponsel dengan fitur yang dimiliki ponsel tersebut untuk kebutuhan anda dan seberapa jauh ponsel tersebut bisa membantu anda dalam bekerja, buat apa anda menghabiskan uang berjuta – juta kalau akhirnya ponsel tersebut hanya dipakai untuk menelpon atau sms saja. padahal kenyataanya ponsel yang bernilai jutaan tersebut bisa anda gunakan untuk melakukan banyak hal contoh fitur yang dimiliki ponsel harga diatas 3 juta : 3G (video call), GPRS ( internet via ponsel ), Bluetooth ( berkirim file wireless ), Java M1DP 2.0 ( pasang aplikasi dan games dari pihak ketiga ), camera megapixel, Lampu flash, camera with auto focus, music player ( like walkman phones milik sony ericsson ), GPS receiver + function ( peta posisi include traffic jam, penjunjuk arah tujuan anda ), Radio Fm, TV ponsel (nonton tv di ponsel ), TV out (menampilkan layar ponsel di tv), Wi-Fi (internet di tempat – tempat hotspot), A2DP ( memainkan music tanpa kabel ), sudah maksimalkah anda menggunakan semua fitur yang sudah beli diatas….?

Sedangkan saya pribadi yang hanya memakai sony ericsson K750i sudah bisa menikmati beragam kecanggihannya diantaranya : Internet di ponsel via operamini (yang sudah kita bahas pada posting sebelumnya), cetakan digital foto hasil jepretan 2.0 megapixel yang bersih, berkirim dan terima e-mail dengan koneksi GPRS memakai layanan dari provider google mail (mail.google.com), berchatting ria via ponsel (memakai sekitar 5 aplikasi yaitu : ebuddy, shMessenger, mig33, nimbuzz, morange. Hampir semua aplikasi mendukung account yahoo, msn, google, aim), kirim sms gratis via GPRS dengan aplikasi cellity, GPS dengan memakai aplikasi peta satelit milik Google Maps, Posting blog via ponsel dengan aplikasi trutap, chatting Global dengan pengguna Jigme di seluruh dunia (paling oke lho, sudah ada di posting blog ini di kategori aplikasi chatting), bahkan hebatnya lagi sudah ada aplikasi perbankan di Indonesia yang memakai aplikasi mobile banking dengan menggunakan koneksi GPRS bukan via SMS dengan biaya kirim transaksi yang jauh lebih hemat bandingkan saja untuk satu kali transaksi cek saldo mobile banking via sms tarif nya Rp.700 sedangkan memakai aplikasi mobile banking berkoneksi GPRS hanya berkisar Rp. 5 hemat bukan…?(saya juga pakai lho). Rasaya tidak sia – sia biaya yang telah saya keluarkan untuk membeli ponsel sony ericsson saat itu sekitar Rp.1.700.000 dengan segudang fitur dan aplikasi yang bisa saya mamfaatkan. Bagaimana dengan anda yang telah membeli handphone dengan harga 4 - 10 juta…? Apakah sudah anda maksimalkan penggunaan fitur dan aplikasi di dalamnya…?

3. Garansi

Anda akan ditawarkan 2 garansi sebelum membeli sebuah ponsel yaitu garasi distributor (toko) dan garansi nasional, saran saya sebelum membeli hp anda memilih garansi nasional karena hp yang kita beli bisa di jamin pergantian spartpart dengan yang asli apabila mengalami kerusakan. Memang harga beli dengan garansi toko lebih murah dibandingkan dengan garansi nasional, tapi kembali lagi ke alasan yang diatas. Tapi semua itu sebenarnya tergantung anda dan kantong anda. Dan jangan lupa perhatikan kelengkapan yang tertera di bungkus ponsel dengan kelengkapan yang tersedia misalnya : Hp, Batray, charger, memori tambahan, handsfree, kabel data, CD program, buku manual, bonus ( kalau ada di promosikan)misalnya lagu MP3 atau casing.

4. Up to Date

Beli handphone yang model dan versi sofwarenya yang sudah deperbaharui misalnya sebuah tipe ponsel dan merek yang sama yang sebelumnya tidak di bubuhi huruf tambahan dibelakangnya, namun beberapa waktu kemudian dikeluarkan ponsel dengan merek dan tipe yang sama tapi sudah dibubuhi dengan sebuah huruf misalnya huruf “I”, contoh : dari tipe Nokia E61 ke nokia E61i, pasti dengan perubahan nama ini sudah terjadi penambahan fitur dan perbaikan software dari produk sebelumnya.

Kalo anda berkenan hubungi kami di 031-77326878 kami akan menyediakan handphone sesuai dengan budget dan tentunya memuaskan anda thanks

] Selamat Membeli!!!

1 komentar:

Admin mengatakan...

Info yang sangat berguna, kalo ada yang mau tahu best seller phone 2008, bisa cek di http://bestsellerphone.blogspot.com

Salam